Wednesday, August 3, 2016

Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak

❤ Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak ❤


HAI SISTA !



sepatu adalah salah satu element penting dalam fashion.
tanpa sepatu yang terawat, penampilan kita akan menjadi kurang maksimal dan tidak menarik untuk dilihat.

Bette Midler pernah berkata bahwa :

"I firmly believe that with the right footwear one can rule the world."

oleh karena itu, bagi yang suka membeli sepatu dan mengkoleksi banyak jenis sepatu mulai dari bahan kulit hingga bahan suede, ada baiknya kita mengetahui cara apa saja yang baik untuk perawatan sepatu kita ya sist.

nah, pada postingan saya kali ini, saya akan berbagi tips perawatan sepatu yang umum dan dapat dipraktekkan dalam keseharian, sehingga sepatu yang kita pakai bisa tetap terjaga kualitasnya dan awet untuk waktu yang lama.

yuk sista simak beberapa tips simple dari saya~




1. SIMPAN SEPATU PADA WADAH BERVENTILASI

sista, pada saat membeli sepatu, umumnya kita akan mendapatkan boks sepatu dari tokonya langsung. nah, boks ini bisa kalian simpan sebagai tempat penyimpanan sehari hari agar sepatu tidak kotor. pastikan boks sepatu yang dipakai memiliki ventilasi yang memadai, yakni lubang angin untuk sirkulasi udara di dalam boks. ventilasi ini berfungsi agar sepatu tidak lembab dan terhindar dari bau yang kurang sedap.

apabila sista menginginkan wadah penyimpanan yang lebih bagus, sista bisa membeli wadah atau boks plastik khusus untuk penyimpanan sepatu di online shop atau di toko-toko langganan. biasanya para toko yang menyediakan aksesoris sepatu juga menjual wadah yang berwarna-warni lho. tentunya hal ini akan membuat tempat penyimpanan sepatu menjadi lebih rapi dan tidak monoton.

dalam membeli boks sepatu, jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya ya sist. pastikan boks yang sista beli ukurannya sesuai dengan sepatu yang akan disimpan di dalamnya. perhatikan juga apakah boks tersebut memiliki ventilasi yang cukup memadai sebagai sirkulasi udara untuk sepatu.

2. JAGA SUHU DALAM RUANGAN PENYIMPANAN SEPATU

ada baiknya kita menyediakan tempat penyimpanan sepatu di dalam ruangan yang bersuhu normal atau sejuk. untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan menempatkan sepatu bersama dengan benda-benda yang memiliki bau menyengat atau bahan-bahan yang dapat bereaksi mengubah kualitas sepatu.

hindari tempat yang lembab, dan apabila ruang penyimpanan menggunakan AC, maka ada baiknya suhu tetap terjaga dan tidak berubah, sehingga tidak terjadi kelembaban yang bisa menyebabkan jamur dan bakteri.

3. MASUKKAN GUMPALAN KERTAS KE DALAM SEPATU

jika pada saat membeli sepatu sista sering menemukan ada gumpalan kertas dan pembungkusnya, maka sebenarnya fungsi dari kertas tersebut adalah untuk menyerap bau dan menjaga agar aroma sepatu tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. ketika sepatu tidak dipakai, masukkan gumpalan kertas tersebut ke dalam sepatu agar sepatu sista terhindar dari bau yang tidak enak.


4. KELUARKAN SEPATU DARI BOKS MINIMAL 3 - 7 HARI SEKALI

hayooo, jangan hobi beli sepatu saja ya sist, tapi rajin-rajin lah mengeluarkan sepatu dari dalam boksnya minimal 3 hari sekali atau maksimal seminggu sekali. sepatu perlu diangin-anginkan dan mendapat udara segar agar terjaga kelembaban dan terhindar dari jamur. jamur pada sepatu dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan warna. maka dari itu, jadwalkan perawatan sepatumu agar tetap awet ya sista.

5. GUNAKAN MINI VACUUM CLEANER UNTUK MEMBERSIHKAN DEBU

jika sista memiliki vacuum cleaner mini di rumah, maka sista dapat menggunakan alat ini untuk membersihkan debu pada sepatu dan boks sepatu. setel pada kekuatan minimun agar partisi yang ada pada sepatu tidak terhisap atau menjadi bergeser dari tempat semestinya. cara menghadapkannya adalah memiringkan penghisap pada permukaan sepatu, dan jangan tegak lurus, agar vacuum tidak menghisap terlalu kuat dan menimbulkan kerusakan.

6. GUNAKAN SHOES DRYER APABILA SEPATU BASAH

pada saat sista berpergian keluar rumah dan mendapati sepatu sista basah karena hujan, maka segeralah menggunakan shoes dryer saat sista sampai di rumah. alat ini memang dikhususkan untuk mengeringkan sepatu, sehingga sepatu terhindar dari jamur dan bau tidak sedap.

7. PILIH PRODUK PERAWATAN SESUAI DENGAN BAHAN SEPATU

sebelum menentukan produk apa yang akan digunakan dalam merawat sepatu, pastikan dulu jenis bahan sepatunya ya sist. bedakanlah produk perawatan untuk sepatu berbahan kulit asli, suede, kulit sintesis, dan lain sebagainya. penggunaan produk perawatan yang tepat akan menghindari sepatu dari kerusakan dan membuat sepatu jadi lebih awet.

8. GUNAKAN JASA PENCUCIAN SEPATU

apabila sista tidak memiliki waktu untuk merawat koleksi sepatu kesayangan sista di rumah, maka sista bisa menggunakan jasa pencucian dan perawatan sepatu yang sudah banyak hadir di Indonesia. sebelum menggunakan jasa ini, lihatlah review yang mereka miliki agar bisa menjadi referensi yang memuaskan untuk sista.

9. SILICA GEL

menemukan silca gel di dalam dus sepatu yang kita beli? nah, ada baiknya silica gel tersebut jangan dibuang ya, sista. silica gel berfungsi sebagai pengatur kelemabapan di dalam dus, sehingga sepatu yang kita simpan di dalamnya bisa terlindungi dari berbagai jamur dan bakteri yang dapat merusak permukaan sepatu.








sekian dulu tips dari saya,
semoga bisa membantu sista dalam merawat sepatu di rumah.


see you~














Deep regards,





Intanasara

2 comments:

  1. Baru tau kalau harus ada ventilasinya, kirain yang ketutup rapat itu penyimpanan yang bener. Kalo ada kertas-kertasnya juga malah suka dibuang biar ga ngeribetin,hahaha ternyata ada gunanya to. Tambahan biar ga terlalu ribet harus keluar masukin sepatu pakai silicia gel minimalisir jamur. thanks for sharing^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dicas! :D

      wah bener banget, silica gel itu gunanya untuk mengatur kelemabapan di dalam dus, nice tips banget, nanti aku tambahin ke postingannya ya. thank youuu~ :D

      Delete

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net