Monday, January 1, 2018

NICE VS KIND


N I C E . V S . K I N D



"Hai. Apa kabar?"
"Hai. Saya baik. Bagaimana denganmu?"
"Baik juga. Sampai ketemu ya."
"Iya. Hati-hati di jalan."

*** 


so.................,
percakapan di atas; terlihat bagus bukan?
tentu saja, YA.

SFX : clap clap.
then,
pertanyaan gue adalah;

apakah orang yang menanyakan kabar tersebut sudah pasti peduli dengan lawan bicaranya?

BELUM TENTU, bro 😂

lantas adakah perbedaan antara bersikap baik dan bersikap baik hati? ADA.

being nice/be-ing-ni-ce/ v - bersikap baik. sikap yang mengelihatankan sesuatu yang baik. menunjukkan yang baik.

being kind/be-ing-kind/ v - bersikap baik hati. sikap yang menunjukkan kasih sayang. mengelihatankan perbuatan welas asih.

lucu ya. dua kata kerja yang sama bagus harus ternoda karena maknanya jauh berbeda. kenapa gue bilang "ternoda"? karena being nice saja tidak cukup dijadikan patokan bahwa orang tersebut baik hati.


oh f yeah we've meet a lot of people that being nice. they greet a good morning, they ask us about life, they smiled at us. ya ya ya.


but, but, but~


orang yang tiap pagi tegur sapa sama lo, senyum sama lo, nanyain kabar lo, belum tentu nyebokin lo, ngurus lo pas sakit, minjemin lo duit, bikinin lo kopi, dengerin cerita lo dengan sabar, atau sekadar ngasih tumpangan pulang bareng.

they can be nice. but it doesn't mean they're kind. it only a sign that they're might be a kind hearted person.

semua orang memang diajari untuk bersikap sopan terhadap satu sama lain. dari kecil kita dibina untuk bertegur sapa, membalas senyum, menanyakan kabar, memuji warna baju rambut dan lain sebagainya, tapi itu bukan jaminan orang tersebut memiliki ketulusan hati dalam melakukannya. i guess.

beda hal apabila percakapan di awal tadi bentuknya seperti ini :   


"Hai, apa kabar? Waktu itu aku dengar kamu sakit? Apa sudah sembuh?"
"Sudah, sekarang sudah sembuh."
"Ngomong-ngomong, kamu sakit apa kalau boleh tau?"
"Waktu itu hanya demam biasa karena ada masalah tenggorokan. 
"Kebetulan aku punya madu, nanti aku bawakan ya buat kamu. Madu bagus untuk tenggorokan."
"Wah terima kasih sekali kalau tidak merepotkan."
"Sama-sama. Jaga kesehatan ya, hindari minum-minuman dingin dan jangan sampai kelelahan."

*** 


terasa nggak?
ada sedikit 'action' di dalam percakapan tersebut? pastinya, YA.

jadi?

being kind itu biasanya adalah orang yang sedari lahir memang baik hati. dan baik hati berbeda dengan bersikap baik. baik hati adalah sebuah karakter. karakter yang bahkan lo sendiri nggak akan bisa lari dari hal itu walaupun lo habiskan masa muda lo dengan rentetan kenakalan dan sikap nggak terpuji lainnya.

YA.

orang yang baik hati itu, akan menemukan jati dirinya. tepat saat waktunya nanti.

dulu gue pikir, a flower is a flower. a flower doesn't bloom, because it's already a flower. dan ternyata gue salah.

yang namanya BUNGA, tetap muncul dari kuncup dulu.

karena sebelum itu, dia nggak akan bisa disebut bunga.

lantas, manusia yang secara harfiah bukanlah sebuah tanaman, pasti bisa lebih baik lagi kan?

so let's forget about being a flower. just be a human. a human that was born to be kind to each other.

apakah dengan menjadi baik atau berbaik hati akan membunuh mereka? nggak kan? lantas apa susahnya? apakah kebanyakan dari mereka sedang terjebak di zona nyaman dengan rasa ketidakpedulian? nyaman dengan berbagai ignorance yang justru bisa berdampak negatif pada sebagian orang. nyaman dengan sikap diam yang diambil karena bersembunyi dari niat dan rasa takutnya sendiri.



takut orang lain akan bergantung padanya.
takut orang lain akan meminta lebih padanya.
takut orang lain akan terbiasa mendapatkan sesuatu darinya.
takut orang lain akan memanfaatkan dirinya.
takut orang lain akan sering mengganggunya.



TAKUT.

sebagian orang takut untuk menjadi baik hati.

mungkin kalau ada lowongan jadi Batman dengan bayaran milyaran per bulan, mereka baru akan mau jadi Batman. oh come on. he is rich since he was born to this world. he was created to be rich. and the prob is, you're afraid of being Batman because you're not rich.

you think richness the only thing that can help?

gue nggak habis pikir kalo dunia ini isinya orang realistis semua. at least dunia butuh beberapa orang pemimpi yang cukup gila untuk bisa menjalankan fungsi balancingnya.

apa sih balancing? wkwkwkwk.

balancing itu cuma ada di kamus gue sih. ((ehem)) gue biasa menyebutnya dengan poros villain dan poros heroes. villain, si jahat. heroes, si pahlawan. dan andai dunia ini cuma isinya orang realistis yang serba perhitungan, hidup pake kalkulator, bahkan ke mall aja bawa sempoa, nggak kebayang betapa evilnya dunia ini. beda hal kalo masih ada para heroes. mereka yang masih melakukan kebaikan, menebarkan kasih sayang, menolong sesama, atau kalau nggak bisa melakukan itu semua minimal jangan menyakiti orang dengan kata-kata.

itu namanya balancing. karena kalau keseimbangan udah nggak ada, idk, a dooms day maybe?


look, i mean......

nggak harus nyebokin orang kok. nggak harus nyebar duit di tanah atau berbondong-bondong nraktir orang apalah itu.

NAH.

lo cuma perlu menjadi bunga.
temukan waktu lo untuk mekar. pegang teguh jati diri lo yang sesungguhnya.
dan jadilah baik hati.

once again, balancing.

tunjukkan kalau lo peduli dengan orang. karena kepedulian itulah yang akan bisa mencairkan gunung es beku yang udah semakin menggunung di jaman edan ini. hanya dengan kebaikan hati, lo bisa meneruskan kebaikan itu sampai menjad rantai yang infinite. layaknya lo menolong satu orang. entah itu hanya sekadar selembar obat, sebungkus nasi, seperak tip ongkos, seuntai rating yang bagus, recehan yang berdesakan di dompet, lampu sein kanan belok ke kanan, uluran tangan untuk orang yang jatuh, bahu untuk orang yang sedih, kado untuk guru-guru yang berjasa, jam dinding untuk kelas-kelas usang, secangkir kopi untuk tukang listrik....

apapun itu.

baik hati bukan berarti menjadi malaikat yang nggak pernah berbuat dosa. baik hati itu adalah sebuah karakter. dan hanya lo sendiri yang bisa bentuk karakter itu. hanya diri lo sendiri yang tau cara ngehack jiwa lo. hanya lo. dan itu pilihan.

i believe if there is no villain in this world, we can't be a hero.  




so?



you choose.










salam hangat,
penghuni Planet Skyhale
IG @staylive.id

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net